Kiat Mahasiswa ITB Mencuri Ilmu dari Huawei Di China



Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China. Filosofi itu melandasi Huawei untuk mengajak serta mahasiwa berprestasi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk menimba ilmu di Negeri Tirai Bambu.

Ya, kegiatan ini memang hampir setiap tahun dilakukan Huawei. Mahasiswa yang punya prestasi menonjol akan diajak langsung untuk menengok bagaimana kondisi markas besar Huawei di China.

Menurut Yunny Christine, Coorporate Communication Manager Huawei Indonesia, kegiatan tersebut adalah bagian dari program Corporate Social Responsilibility (CSR) yang selama ini sudah dijalin bersama ITB.

Ada serangkaian program CSR yang diberikan Huawei kepada ITB dan ITS. Mulai dari beasiswa, kesempatan magang, dan berbagi ilmu soal teknologi komunikasi melalui berbagai pelatihan yang dilakukan Huawei.

Namun untuk tahun 2012 ini, empat mahasiwa yang beruntung adalah Jason Widagdo, Ivantius Limampauw, Andry Anthony, dan Emanuel Rian Winoto Wicaksono. Mereka semua masih berusia 22 tahun dan masih menimba ilmu di jurusan Elektro Telekomunikasi, ITB. Selain mereka, ikut juga seorang alumi ITB yang yang kini sudah berkarir di Huawei.

"Sebenarnya ada lima mahasiswa, tapi yang satu sedang ada ujian jadi tidak bisa ikut berangkat," kata Yunny

Dalam kegiatan ini, keempat mahasiwa tersebut juga bekesempatan menimba ilmu lebih banyak di markas besar Huawei, salah satunya melalui pusat Research and Development (RnD) yang menempati salah satu gedung besar.

Di sini para mahasiswa tersebut dapat melihat langsung produk apa saja yang saat ini dikembangkan oleh Huawei. Contohnya, soal teknologi menara pemancar sinyal seluler untuk jaringan operator.

keempat mahasiswa itu tampak sangat antusias jika dilihat dari cara mereka memperhatikan dan bertanya.

Selain ke Shenzhen, keempat mahasiwa itu rencananya juga akan diajak plesiran ke Beijing untuk melakukan berbagai kegiatan, seperti sharing ilmu bersama universitas lokal, berkunjung ke kedutaan besar Indonesia, dan lain sebagainya.
Sumbernya

0 comments: